Rabu, 16 September 2015

Pelantikan dan Penerimaan Anggota Pramuka Penggalang



Semarang, Gudep 06.069 – 06.070 Pangkalan SMP Negeri 12 Semarang akhirnya dapat melaksanakan kegiatan Perkemahan Penerimaan Anggota Baru yang dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu  tanggal 5 dan 6 September 2015, bertempat di halaman SMP Negeri 12 Semarang dengan jumlah peserta putra yaitu 112 dan jumlah peserta putri 144 dengan total 256  sardik  dengan pendamping  regu berjumlah 50 diambil dari Dewan Penggalang. kegiatan kali ini cukup berbeda dikarenakan para pembina berusaha menyesuaikan seluruh aturan yang ada walau belum maksimal, kegiatan yang dimulai pukul 14.00 WIB pada tanggal 5 September ini disambut suka cita oleh para calon anggota baru dan para Dewan Penggalang pada setiap pasukan.
Kegiatan dalam perkemahan ini meliputi.
1.      Upacara Pembukaan.
2.      Permainan Pesahabatan dan Permainan Besar.
3.      Materi SKU/ SKK
4.      Administrasi Regu
5.      Sholat Berjamaah.
6.      Materi Kepemimpinan
7.      Upacara Api Unggun.
8.      Pentas Seni Penggalang.
9.      Senam Pramuka dan Senam Gembira.
10.  Kebersihan
11.  Upacara Penutupan.
12.  Pelantikan Penggalang Ramu, Rakit dan Terap
13.  Pelantikan penerimaan anggota penggalang baru
14.  Pemberian Hadiah Kepada Regu Tergiat Putra dan putri,
Kegiatan  ini dibuat sangat menarik dari mulai permainan, penyampaian materi  dan kegiatan- kegiatan yang lain. Pada  saat malam hari sebelum upacara api unggun dimulai banyak orang tua wali yang datang menjenguk putra putinya, namun demikian alhamdulillah tidak mengganggu proses jalannya kegiatan semua terkondisikan dengan baik. Pada  saat api unggun kami kemas dengan perpaduan elektrik dalam menyalakan api dan kembang api, sehingga suasana yang hening berubah menjadi meriah dengan pancaran dan letusan kembang api, dengan cara seperti ini diharapkan akan memberikan kesan yang mendalam bagi calon anggota penggalang baru serta memberikan motivasi untuk senantiasa berkarya untuk pramuka khususnya di SMP Negeri 12 Semarang. Ka Mabigus dan para wali sangat mendukung dengan kegiatan ini, dalam amanatnya beliau menyampaikan pentingnya kegiatan pramuka sebagai wujud nyata pembentukan karakter kaum muda.  
Upacara  pelantikan dan penerimaan anggota baru setelah pengucapan janji diakhiri dengan penyiraman air kembang mawar merah putih sebagai perlambang akan kesucian dan keberanian yang diambil dari kiasan Bendera Merah Putih dengan harapan  menambah kembali rasa cinta tanah air dalam diri mereka. Demikian sekilas berita dari perkemahan ini semoga kedepan kami mampu lebih baik lagi dalam membina dan lebih kreatif lagi menyelenggarakan kegiatan-kegiatan kepramukaan, Amin.
Salam Pramuka.
Kak Roso

3 komentar:

  1. Selamat atas pelantikannya. Semoga dengan hadirnya anggota baru periode 2015/2016 Gudep pangkalan Spedulas makin maju dan jaya. Semangat!

    BalasHapus
  2. oke terima kasih kakak ...

    BalasHapus
  3. Tahun ini semoga tambah maju pak, oiya kunjungi blog kami ya sma terbaik di indonesia

    BalasHapus